Wednesday, June 17, 2009

Telat Haid

Anda mengalami telat haid? Bagaimana cara mengetahui telat haid secara benar? Ternyata tidak sedikit wanita yang mengalami telat haid. Setiap wanita pernah mengalami telat haid, dimana telat haid ini bisa dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi wanita mengalami keterlambatan datang bulan bisa terdiri dari: pola hidup keseharian mereka, pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi, dan perubahan berat badan.

Keterlambatan datang bulan atau telat haid bisa datang sebanyak dua kali dalam sebulan, kemudian bulan berikutnya tidak datang haid. Dengan kata lain telat bulan pasti terjadi dengan beberapa cara yang ada, jadi jangan khawatir.

Haid merupakan proses terlepasnya darah kotor dan selaput lendir rongga rahim secara sendirinya karena terjadinya perubahan hormon strogen dan progesterone. Setiap wanita akan mengalami haid hingga waktunya menopause. Haid sendiri akan berlangsung selama beberapa hari, dan berhenti selama beberapa hari kemudian atau bahkan minggu, dan kembali lagi seterusnya setiap bulan.

Siklus haid yang normal adalah jika seorang wanita memiliki jarak haid yang setiap bulannya relatif tetap yaitu selama 28 hari. Jika meleset pun, perbedaan waktunya juga tidak terlalu jauh berbeda, tetap pada kisaran 20 hingga 35 hari , dihitung dari hari pertama haid sampai bulan beriutnya. Lama haid dilihat dari dasah keluar sampai bersih, antara 2 – 10 hari. Darah yang keluar dalam waktu sehari belum dapat dikatakan sebagai haid. Namun bila telah lebih dari 10 hari, dapat dikategorikan sebagai ganguan. Jumlah darah haid yang lkeluar perhari adlah 60 – 80 cc, atau tidak lebih dari 5 pembalut yang terisi penuh.

No comments:

Post a Comment